Forum Diskusi Ilmiah Perencanaan (FDIP) Seri Kedua 2019 Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik Universitas Diponegoro

Forum Diskusi Ilmiah Perencanaan (FDIP) Seri Kedua 2019 Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota  Fakultas Teknik Universitas Diponegoro

Pada hari Rabu tanggal 10 Juli 2019 Kabupaten Tabanan mendapat kehormatan diundang dalam Forum Diskusi Ilmiah Perencanaan (FDIP) Seri Kedua 2019 yang diselenggarakan oleh Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik Universitas Diponegoro Semarang, dengan tema “Transportasi Publik di Tabanan : Apa yang bisa kita pelajari?”. Undangan ini terkait dengan kesuksesan Kabupaten Tabanan dalam membangkitkan kembali angkutan kota melalui program Trans Serasi.
Pada Forum Diskusi Ilmiah Perencanaan (FDIP) ini hadir tiga orang pembicara. Pembicara pertama ibu Theresia Tarigan yang merupakan co-founder sekaligus aktivis Komunitas Pejalan Kaki Semarang (KPKS) dan Komunitas Peduli Transportasi Semarang (KPTS) yang secara kritis akan membandingkan dan menguji sejauhmana prospek dan peluang pengembangan transportasi publik di Semarang.
Pembicara kedua yaitu Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tabanan, Bapak Drs. I Made Agus Harthawiguna, M.Si yang membahas bagaimana secara sosial politik merubah cara pandangan pemegang kebijakan di daerah untuk memperhatikan angkutan umum di Tabanan, mempertahankan, sampai dengan mengembangkan program Trans Serasi di Kabupaten Tabanan.
Pada kesempatan yang sama pembicara ketiga, I Gusti Bagus Satriyadi, MT menyampaikan secara teknis mengenai perencanaan, data, dan manfaat Trans Serasi serta pentingnya pengembangan angkutan perkotaan (Angkot) yang masih diperlukan untuk meningkatkan aksesibilitas angkutan umum.
Forum Diskusi Ilmiah Perencanaan (FDIP) tersebut dihadiri oleh para dosen pengajar dari Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, para mahasiswa, Dinas Perhubungan di Jawa Tengah, Paguyuban Angkot, Anggota DPRD Kota, Komunitas Pejalan Kaki, pengajar dan taruna Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan Tegal.
Diharapkan melalui FDIP yang diselenggarakan dapat memberikan informasi dan masukan dalam rangka pengembangan keilmuan Perencanaan Wilayah dan Kota dimana Transportasi merupakan bagian di dalamnya, juga dapat memberikan pengaruh terhadap kebijakan di Semarang dan sekitarnya untuk mengembangkan kembali angkutan perkotaan.